Quote

“Ecobrick….Selamat Tinggal Sampah Plastik”, suara ini menggema di TPA Sente saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta me-launching program `Selamat Tinggal Sampah Plastik` yang digelar di tempat pembuangan akhir (TPA) Dusun Sente, Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Jumat (22/1/2016) pagi.

“Program ini adalah  awal dari semuanya, dan harus berlanjut secara kontinyu mulai dari TPA ini,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Turut hadir dalam launching ini Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung Gde Putu Winastra, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Anak Agung Kirana beserta seluruh jajaran SKPD, dan staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten. Selain  diikuti seluruh pegawai pada seluruh jajaran SKPD,  kegiatan ini diikuti pula oleh  siswa dari sejumlah sekolah yang langsung mempraktekkan pembuatan ecobrick.

Ecobrick adalah sebuah produk hasil pemikiran pemerhati lingkungan Russel Maier dari Kanada, yang memanfaatkan botol plastik bekas yang  diisi sampah-sampah plastik hingga penuh, kemudian dipadatkan sampai menjadi keras. Setelah botol penuh dan keras, selanjutnya dirangkai dengan lem dan dibentuk menjadi bahan baku kursi, meja dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuat tembok, seperti batu bata.

“Kita serentak melakukan pembuatan ecobrick ini bersama pegawai dan siswa sekolah di TPA Sente, dan kita akan menjadi kabupaten pertama di Bali yang  melakukan metode ini,” tambah Bupati.

Bupati Suwirta juga mengajak seluruh instansi, kantor, sekolah, tempat ibadah agar semua masyarakat melakukan gerakan ini, dan menjadikan sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Aksi gerakan masyarakat yang inovatif dengan pemanfaatan sampah plastik seperti ini, merupakan upaya Pemerintah Kabupaten  Klungkung untuk memerangi sampah plastik. Selain itu, metode ini sejalan dengan program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang mencanangkan aksi `Selamat Tinggal Sampah Plastik`. Program ini turut mendukung program aksi Gema Santi yang sedang digalakkan Pemkab Klungkung, untuk menjadikan masyarakat agar santun dan inovatif, melalui praktik metode ecobrick.

https://seeresultshub-a.akamaihd.net/SeeResultsHub/cr?t=BLFF&g=3f00f4d3-3f2c-4e3a-bea7-693f58b4f03d

Bupati Suwirta Launching Program Selamat Tinggal Sampah Plastik di TPA Sente

Comments are closed.