Wabup Kasta Tinjau Saluran Irigasi Jebol Akibat Air Bah

Standard

Cuaca ekstrim sering menghampiri Kabupaten Klungkung belakangan ini, mulai dari hujan lebat dan angin puting beliung yang mengakibatkan banyak terjadi bencana di beberapa daerah di Klungkung. Salah satunya yang terjadi di Desa Akah, Kecamatan Klungkung dimana salah seorang warganya telah melaporkkan hancurnya sebuah saluran irigasi di bendungan sungai Yeh Kunyit, Yang Api Desa Akah akibat terjangan air bah.
Mendapat laporan bencana yang menerjang desa tempat Wakil Bupati Klungkung Made Kasta berasal, Wabup Kasta langsung menindak lanjuti laporan tersebut dengan turun langsung kelokasi bencana Senin (2/3) kemarin. Ditemani Penjabat Perbekel Desa Akah I Nyoman Dauh, Wabup kasta berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang licin guna mencapai irigasi yang letaknya jauh dibawah jembatan penghubung antara Desa Akah dan Desa Manduang itu.
Berdasarkan laporan kelian subak Akah I Ketut Surita, hancurnya saluran irigasi yang baru berumur setahun ini diakibatkan oleh air bah yang menghantam ketika hujan deras kemarin. “Kejadiannya sekitar tanggal 26/2 kemarin ketika hujan sangat lebat, yang mengakibatkan terjadinya air bah.” Ujar I Ketut Surita. Akibat hancurnya saluran irigasi ini, 12 hektar sawah produktif jadi tidak terairi. I ketut Surita mengharapkan bantuan Pemda Klungkung untuk segera membantu membangun kembali saluran irigasi supaya para petani bisa menggarap sawah mereka.
Sementara itu Wabup Kasta dalam pantauannya ke iringasi ini menemukan sedikit  kejanggalan akan konstruksi saluran irigasi yang rusak ini. Wabup Kasta merasa saluran ini dibangun dengan kwalitas yang kurang baik. “ saya perhatikan tadi dibawah, konstruksi irigasi tidak begitu bagus kwalitas pengerjaannya, sehingga dengan hantaman air yang lumayan kuat akan sangat mudah menghancurkan irigasi ini.” Ujar Wabup Kasta. Wabup Kasta juga menganggap kejadian ini diakibatkan karena kurangnya pengawasan pada saat pengerjaan proyek. “Beginilah akibatnya kalau proyek yang kurang diawasi pengerjaannya, kwalitasnya jadi sangat buruk.” Ujar Wabup Kasta.
Dengan kejadian ini Wabup Kasta intruksikan Klian Subak I Ketut Surita segera melaporkan ke BPBD untuk bisa segera ditindak lanjuti pemerintah. Setelah meninjau saluran irigasi Wabup lanjut meninjau ruas jalan Slaki di dusun Sangging Desa Akah yang mengalami kerusakan parah semenjak setahun lalu. Jalan sepanjang kurang lebih 1KM ini merupakan jalan selebar 2.5m yang dipergunakan para petani setempat dalam melakukan aktivitas pertaniannya. Kepada Penjabat Perbekel Desa Akah Nyoman Dauh, Wabup Kasta mengatakan bahwa dirinya telah mengkoordinasikan pengerjaan pengurukan lubang-lubang menganga dijalan itu. “Malu saya sebagai wakil bupati yang berasal dari sini, masak kondisi jalannya rusak parah seperti ini.” Ujar Wabup Kasta.(hmsklk/jim)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.