Ikut Lestarikan Seni Budaya PKK Banjar Kartini Semarapura Mulai Belajar Bale Ganjur

Standard

Partisipasi  PKK Br. Kartini Desa Pekraman Semarapura, Kab. Klungkung dalam melestarikan budaya terutama berkesenian mulai menggeliat seiring dengan keinginan pemerintah untuk membangkitkan seni budaya di Klungkung.
Kebangkitan ibu-ibu PKK  Banjar Kartini tak lepas dari perhatian pemerintah dengan memberikan bantuan seperangkat gong bale ganjur. Bangkitnya Ibu-ibu PKK Br. Kartini ini  juga diikuti oleh Sekaa Teruna Swari Gading Br. Kartini dengan membentuk sekaa Barong Bangkung.  Disela-sela latihannya, sekaa gong ini sempat ditinjau Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sabtu (28/2) malam.
Klian Banjar Kartini I Wayan Darmanaba mengtakan Beridirinya Banjar Adat Kartini sebelumnya adalah merupakan banjar  suka duka  yang kebanyakan dari pendatang. Kemudian seiring  perjuangan warga yang ingin membentuk  sebuah banjar akhirnya tahun 2012,  banjar suka duka ini disahkan menjadi banjar adat 2012  menjadi banjar adat dalam Desa Pekraman Semarapura, bersama dengan 14 banjar adat laiinya.
Wayan Darmanaba lebih lanjut mengatakan berkat perhatian pemerintah dibawah pimpinan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendapat bantuan hibah Rp.50 juta dan dari dibantu dari donatur lain untuk pengadaan baju sehingga terkumpul sampai Rp.60 juta.
Berkat prakarsa seorang pemerhati seni dari warga Banjar Kartini Dewa Alit berhasil membina ibu-ibu PKK untuk membentuk sebuah sekaa gong Bale Ganjur dan mendirikan Sekaa Barong Bangkung  terdiri dari 15  Orang yang tergabung dalam  Sekaa Teruna Swari Gading. Selain itu segera akan dibentuk Sekaa  Pesantian.
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada kesempatan tersebut berharap  warga banjar selain bekerja mencari penghidupan harus selalu berusaha  mengisi watu luang dengan beraktivitas karena dengan demikian akan menghidarkan diri dari perbuatan yang kurang baik. Terlebih sekarang sedang giat membangkitkan kesenian. Dalam bulan April mendatang Pemkab Klungkung  akan menyengarakan Festival Semarapura. Pelaksanaannya akan dirangkaikan dengan Peringatan HUT Kota Semarapura dan Hari Puputan Klungkung.
Dalam Festival Semarapura ini akan dipentaskan berbagai kesenian dan para seniman akan diberikan ruang untuk berkreasi. Bila kreativitas sekaa ini layak ditampilkan tentu akan diberikan ruang untuk dipentaskan. Selain Itu Bupati I Nyoman Suwirta mengajak Sekaa Teruna sebagai generasi muda ikut mendukung program pemerintah  seperti menjaga kebersihan lingkungan,  penataan pertamanan dan mejaga kerukunan.(hmsklk/Parna)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.