Jelang Galungan Bupati Suwirta Sidak Pasar

Standard

Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada hari Rabu  tanggal 17 Desember 2014, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar sidak ke Pasar Galiran guna mengetahui situasi dan kondisi pasar yang  mengalami kepadatan pengunjung menjelang hari raya, Sabtu (13/12) kemarin. Didampingi Kadishubkominfo I Nengah Sukasta, Kabag Humas dan Protokol Wayan Parna dan beberapa staf UPT Pasar Galiran, Bupati Suwirta berkeliling memantau setiap sudut pasar. Di tengah kepadatan pasar, berbagai pelanggaran ditemukan langsung oleh Bupati Suwirta, mulai masalah kebersihan pasar, penataan parkir, posisi tempat berjualan pedagang, selokan mampet sampai masalah seragam petugas tidak luput dari pantauan.
Bupati mengungkapkan kalau dirinya susah membedakan antara pengunjung dengan petugas pasar. Bupati pun mewanti-wanti seorang petugas parkir yang ditemuinya untuk selalu memakai seragam. “ Saya bingung dari tadi mencari petugas, saya kira dia preman tapi ternyata dia sorang petugas resmi, apalagi pakai anting sebelah.” Ujar Bupati Suwirta. Dalam sidaknya Bupati juga temukan sebuah lapak kayu di pintu masuk sisi timur pasar yang  telah ditinggalkan penghuninya sejak lama namun masih tetap berdiri. Bupati pun perintahkan langsung pembongkaran lapak itu. Selain itu bupati juga mendapati para pedagang yang menempatkan barang dagangannya di lorong-lorong pasar, yang pastinya akan menyulitkan para pengunjung melakukan aktivitas.  “ Barang dagangan ibu mestinya tidak ditempatkan digang ini, ini kan bisa menggangu aktivitas pengunjung, apalagi aktivitas pasar sedang ramai-ramainya.” Ujar Bupati kepada salah seorang pedagang yang berjualan di lorong pasar.
Toilet umum pasar tidak luput dari pantauan, Bupati semakin geram ketika melihat tolilet yang dialih fungikan menjadi gudang dan tempat berdagang.  Bupati pun langsung menyemprot petugas toilet untuk memfungsikan toilet sebagai mana mestinya. “ Tolong rapikan ini semua, kembalikan toilet sebagaimana fungsinya.”Perintah Bupati dengan nada tinggi. Bupati juga mengeluh kepada pengurus pasar tentang kondisi pasar yang baru berjalan setahun namun kondisinya sudah seperti 10 – 20 tahun. “ Pasar baru setahun beroperasi kok kondisinya sudah seperti telah berumur 10 – 20 tahun.” Ujar Bupati kepada para petugas.
Bupati pun perintahkan para pengurus pasar terutama petugas kebersihan untuk serius dalam melaksakan tugas dan pekerjaannya. Kepada petugas pasar yang lain Bupati mewanti-wanti untuk benar-benar menegakkan ketertiban pasar. “ jangan biarkan terjadi pelanggaran -pelanggaran kecil yang nantinya berkembang menjadi  kesembrautan.” Ujar Bupati Suwirta. Melalui pengeras suara Bupati Suwirta mengajak seluruh pedagang untuk sama-sama menjaga ketertiban dan kebersihan pasar demi kenyamanan seluruh masyarakat. Tidak lupa Bupati juga mengucapkan selamat hari raya Galungan dan Kuningan kepada seluruh masyarkat di sekitar pasar.(hmsklk)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.