Bupati Suwirta Canangkan PATEN, Tahun 2015 Ijin Dapat Diurus di Kecamatan

Standard

Mulai januari 2015, semua Kecamatan di Kabupaten Klungkung sudah bisa memberikan pelayanan perijinan dan non perijinan. Hal ini disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Klungkung, Luh Ketut Ari Citrawati dalam laporannya pada kegiatan pencanangan Kecamatan sebagai penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) tahun 2015.
Penyelenggaraan PATEN di masing-masing Kecamatan ini dicanangkan langsung Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta diruang Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, senin (8/12) kemarin. Acara pencanangan ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Klungkung, para Camat dan Perbekel se-Kabupaten Klungkung.
Luh Ketut Ari Citrawati lebih jauh mengatakan, PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di Kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap penerbitan dokumen dilakukan dalam satu tempat, yaitu di Kecamatan. PATEN mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi Kantor/Badan Pelayanan Terpadu di Kabupaten Klungkung. “Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kapada masyarakat,”ujarnya. Disebutkan, Kabupaten Klungkung merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali dari 22 Kabupaten/Kota yang sudah siap untuk pelaksanaan PATEN dari 369 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Hal ini menurut Citrawati adalah menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam mendekatkan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Sebagai salah satu Kabupaten yang sudah siap, Menteri Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Bupati dan Camat se-Kabupaten Klungkung,”imbuhnya.
Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya PATEN ini dapat mengubah pola pikir masyarakat dan aparatur untuk lebih efektif dan efesien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu, dengan telah dicanangkannya PATEN ini, diharapkan dapat memperpendek rentang birokrasi, memperkuat optimalisasi peran camat dalam pemberdayaan dan pelayanan masyarakat. “Dengan PATEN ini harus diimbangi pula dengan transparansi pengurusan ijin,”tegasnya.
Sementara itu, dasar hukum pelaksanaan PATEN di Kabupaten Klungkung yakni Peraturan Bupati Klungkung Nomor 2 Tahun 2014 dan Peraturan Bupati Klungkung Nomor 25 tahun 2014, dimana pelayanan yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan ini mencakup 11 layanan perijinan, meliputi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) kecil, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Bangunan sederhana untuk tempat tinggal tidak bertingkat, Pemutihan IMB Bangunan sederhana untuk tempat tinggal tidak bertingkat, Ijin Mendirikan Satuan Pendidikan PAUD, Ijin Usaha Hortikultura, Surat Ijin Industri Kecil, Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang ijinnya diterbitkan oleh Camat, TDP Cabang di Kecamatan, Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) yang ijinnya diterbitkan oleh Camat, Ijin Penyelenggaraan Optik dan pengurusan Ijin Usaha Kecil Rekreasi dan Hiburan Umum. Sedangkan bidang pelayanan non perijinan meliputi enam aspek, diantaranya Koordinasi, Pembinaan, Pengawasan, Fasilitasi, Penetapan dan Penyelenggaraan.(hmsklk/nom)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.