Wabup Kasta Hadir Sebagai Upasaksi Dalam Upacara Dewa Yadnya di Pura Dalem Tangkub

Standard

Wabup Klungkung Made Kasta didampingi Ny. Ayu Kasta menghadiri Puncak Karya Pecaruan, Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Dalem Tungkub, Desa Pakraman Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan Rabu (03/12),. Upacara ini turut dihadiri pula camat Banjarangkan Komang Gede Wisnuadi dan perwakilan Muspika Banjarangkan yang disambut Perbekel Desa Takmung Nyoman Mudita dan para pengempon pura.

Perbekel Takmung, Nyoman Mudita mengatakan kepada Wabup Made Kasta bahwa hari ini rabu sebagai puncak karya bertepatan dengan rahina Buda Umanis Julungwangi. “Hari ini merupakan puncak karya yang bertepatan dengan pujawali, dimana sehari sebelumnya telah digelar pecaruan, melaspas, mendem pedagingan serta upacara melasti ke Pantai Lepang.” Ujar Nyoman Mudita. Mudita juga sempat menceritakan keberadaan Pura Dalem Tungkub yang letaknya ditengah persawahan ini sempat dalam kondisi tak terawat selama sekitar 100 tahun. Untuk itu, dengan semangat krama, pura ini akhirnya diperbaiki hingga dilaksanakan upacara seperti sekarang.
Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta dalam darma wacananya menyampaikan rasa salutnya atas semangat warga. Wabup berharap krama penyanggra dapat melaksanakan upacara ini dengan didasari rasa tulus, sehingga upacara ini dapat berjalan lancar dan labda karya. “Semoga karya ini berjalan lancar dan labda karya,”ujarnya. Wabup Kasta yang mengetahui sejarah Pura Dalem Tangkub ini menceritakan kepada pemedek yang hadir bahwa Ida Sesuhunan yang bersemayam dipura ini sangat pemurah jika doa dan permohonan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebagai wujud bakti Wakil Bupati Made Kasta juga menghaturkan punia yang diterima Perbekel Desa Takmung, Nyoman Mudita.(hmsklk/jim)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.