Selaku Ketua Satkorlak Bencana, Wabup Kasta Tinjau Pengendapan Sungai Candi Negara

Standard

Menerima laporan dari masyarakat tentang pengendapan sampah di sungai Candi Negara, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta tinjau lokasi sungai tersebut di Desa Kusamba (1/12) senin kemarin. Sebagian pengendapan terjadi karena berasal dari hulu yaitu limbah atau sampah pembuangan dari subak dawan dan sebagian lagi dari masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Dalam peninjauan tersebut ikut serta Camat Dawan A.A. Putra Wedana, dari Kepolisian dan TNI serta Perbekel Kampung Kusamba Abdul Gafar dan Perbekel Desa Kusamba Ketut Winastra.
Menurut keterangan Perbekel Abdul Gafar menjelaskan bahwa sungai yang melintasi Desa Kusamba dan Kampung Kusamba ini hanya 300 meter dari Jembatan Kusamba sampai ke laut ini mengakibatkan banjir apabila terjadi hujan deras. Pengendapan ini terjadi sudah hampir 5 tahun, pernah dibersihkan dan dikeruk 3 tahun yang lalu tetapi kotor dan mengendap kembali. Perbekel Abdul Gafar berharap kepada pemerintah agar dibangun senderan dan jalan ditepi sungai supaya mempermudah untuk membersihkan sungai ini.
Dalam wawancaranya, Wabup Kasta menyampaikan bahwa peninjauan ini merupakan antisipasi terhadap musim hujan yang terjadi. Wabup Kasta juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan masyarakat agar selalu waspada di musim penghujan, terutama yang ada di pinggir sungai dan di bawah pohon untuk menghindari Banjir dan tanah longsor.(hmsklk/gix)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.