Karya Pura Dalem Tungkub, Tempat Mohon Kesuburan Lahan dan Usadha

Standard

Serangkaian rampungnya pembangunan sejumlah pelinggih di Pura Dalem Tungkub, Desa Pakraman Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, krama penyangra menggelar upacara pecaruan, melaspas dan mendem pedagingan, selasa (2/12). Upacara dihadiri Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, tokoh masyarakat serta warga setempat.
Perbekel Takmung, Nyoman Mudita didampingi salah seorang panitia wewantenan, Wayan Budarsana mengatakan, setelah dilakukan pembangunan sejumlah pelinggih selama hampir 10 bulan, kini pengemong pura bersama krama penyanggra menggelar karya. Karya atau upacara yang digelar saat ini adalah pecaruan, melaspas dan mendem pedagingan. “Setelah ini juga dilanjutkan dengan melasti ke pantai Lepang,”ujarnya. Upacara ini dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kajeng dari Geriya Takmung, Banjarangkan dan Ida Pedanda Gede Nyoman Jelantik Sogata dari Geriya Wanasari, Karangasem. Sebagai puncak karya, akan dilaksanakan pada rahina Buda Umanis Julungwangi, rabu (3/12) hari ini bertepatan dengan pujawali di pura setempat.
Selain itu, menurut Budarsana, tujuan dari pelaksanaan upacara ini antara lain untuk membersihkan dan memberi aura terhadap pembangunan pura, karena dari sejak awal pura ini banyak mengalami perubahan, salah satunya dari segi luas pura dan beberapa tambahan bangunan pelinggih. Disamping itu, melalui penyucian kembali lingkungan pura, diharapkan dapat menumbuhkan rasa bakti umat serta lebih mengenalkan umat terhadap keberadaan pura, yang mana keberadaan Pura Dalem Tungkub ini berkaitan erat dengan usadha dan kesuburan lahan pertanian.
Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta sebagai upasaksi pelaksanaan karya ini salut atas semangat warga. Bupati berharap krama penyanggra dapat melaksanakan upacara ini dengan didasari rasa tulus, sehingga upacara ini dapat berjalan lancar dan labda karya. “Semoga karya ini berjalan lancar dan labda karya,”ujarnya. Sebagai wujud bakti, Bupati Suwirta juga menghaturkan punia yang diterima prajuru pura.
Sebelumnya, keberadaan Pura Dalem Tungkub yang letaknya ditengah persawahan ini sempat dalam kondisi tak terawat selama sekitar 100 tahun. Untuk itu, dengan semangat krama, pura ini akhirnya diperbaiki hingga dilaksanakan upacara seperti sekarang.(hmsklk/nom)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.