Pramuka Klungkung Rapatkan Barisan, Tekan Salah Pergaulan Pada Anak Didik

Standard

Dalam upaya menekan terjadinya salah pergaulan pada anak didik, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung mengadakan pertemuan, senin (7/7). Pertemuan ini juga dalam rangka mengimplementasi Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Kepramukaan yang masuk kedalam kurikulum 2013. Pertemuan yang dipimpin langsung Ketua Pramuka Kwarcab Klungkung, Made Kasta di SDN 1 Semarapura Kangin menghadirkan Kepala sekolah dan pengurus pramuka lainnya. Melalui gerakan Pramuka yang masuk kedalam kurikulum 2013 ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya salah pergaulan pada anak didik, dimana dengan kesibukan yang ada didalam kegiatan pramuka, anak-anak tersebut dapat menumbuhkan budi pekerti pada dirinya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung, Nyoman Mudarta menilai, untuk menyadarkan anak agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan merupakan tantangan kita bersama. Untuk itu, Nyoman Mudarta mengharapkan melalui gerakan pramuka yang salah satunya mengajarkan tentang kerendahan hati, diharapkan dapat menyibukkan anak didik untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. “Sibukkan anak melalui kegiatan kepramukaan,”ujar Mudarta. Sementara itu, Ketua Pramuka Kwarcab Klungkung, Made Kasta dalam arahannya menyatakan bahwa Pramuka itu merupakan bidangnya karakter. Made Kasta yang juga Wakil Bupati Klungkung mengatakan, karakter kepribadian seorang Pramuka adalah berani, tegas, jujur dan tidak putus asa.

Meskipun dulu belum ada Undang-undang Kepramukaan, namun dilapangan tetap menerapkan pramuka di masing-masing sekolah. “Kedepan setelah masuknya Undang-undang tentang kepramukaan dalam kurikulum 2013, diharapkan semua sekolah dapat mengimplementasikan sebagai kurikulum wajib tiap sekolah,”ujar Wabup Kasta. Selain itu, setelah masuknya Pramuka kedalam kurikulim 2013 ini Pembina-pembina dimasing-masing sekolah agar membina anak didik dengan benar dan menanamkan karakter kepribadian seorang pramuka. “Bagaimana dengan masuknya pramuka sebagai kurikulum wajib, nantinya agar bisa dipertahankan dimasing-masing sekolah,”harap Wabup Made Kasta.(Humas Klk)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.