PROYEK DERMAGA GUNAKSA BERLANJUT

Standard

SEMARAPURA, BALIPOST.com-Meskipun proyek Dermaga Gunaksa berulang kali dihantam masalah, namun pembangunannya masih berlanjut. Memasuki tahun 2014, pengerjaan dari sumber APBN sudah memasuki tahap VII. Ada tiga objek pengerjaan. Pertama, anggaran dari Kementrian Perhubungan, dengan nilai anggaran Rp 33.250.345.000. Pengerjaannya sudah dimulai pada 2 April oleh kontraktor pelaksana PT. Witada Bangun Gemilang selama 240 hari.

Pengawas proyek Aam Sunarya yang ditemui dilokasi, Jumat (4/7), mengatakan tahun ini pengerjaannya masih fokus pada pembangunan breakwater sisi barat. Saat ini, panjangnya baru 145 meter dari target 205 meter. Tampak di lokasi, sejumlah alat berat sedang bekerja mencetak breakwater bentuk kubus dan akmon (bentuk huruf T). Kedua, objek pengerjaan serupa pada breakwater sisi timur. Rencananya, akan dibangun sepanjang 80 meter. Pembangunannya terpaksa dimulai lagi dari nol. Sebab, setelah selesai, sempat ambruk lagi setelah diterjang gelombang saat air pasang. Kini seluruhnya nyaris tenggelam. “Pembangunan breakwater sisi timur baru mulai lagi,” kata Sunarya.

Objek pengerjaan ketiga, bersumber dari anggaran APBD Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Bali. Anggarannya mencapai Rp 11.400.000.000. Pengerjaan untuk fisik Dermaga Gunaksa ini sudah dimulai 2 Juni 2014, sesuai kontrak dengan masa pengerjaan selama 180 hari oleh kontraktor pelaksana PT Undagi Jaya Mandiri. “Tadi saya lihat sudah pemasangan tiang pancang,” kata Sunarya.(bagiarta/klungkung)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.