200 Unit Appo Bagi Pengelola Simantri Di Bali

Standard

wagub-tinjau-simantri-193-dan-Simantri-376-Kab-KlungkungSULUHBALI.CO, Klungkung – Ketut Sudikerta selaku Wakil Gubernur Bali berencana membantu Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) pengelola SIMANTRI (Sistem Pertanian Terintegrasi) di seluruh Bali yang belum memiliki Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO). Sekitar 200 Unit SIMANTRI di Bali yang belum memiliki alat ini. Mesin ini rencananya akan dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2014. Demikian disampaikan saat kunjungan mendadak di lokasi SIMANTRI 193 Kelurahan Semarapura Kelod dan Simantri 376 Banjar Sedayu Desa Takmung, Kabupaten Klungkung, Jumat (14/3). Menurutnya mesin ini sangat dibutuhkan oleh petani khususnya dalam rangka meningkatkan produksi pupuk organik yang dihasilkan dari SIMANTRI. “ Kalau satu alat harganya 25 Juta dikalikan 200 Unit maka dibutuhkan sekitar 5 Milyar, sehingga sangat mungkin dianggarkan pada APBD perubahan Tahun ini  “, Imbuhnya.

Kunjungan mendadak ini diharapkan segera mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi para petani khususnya Gapoktan pengelola SIMANTRI. Dengan demikian Pemprov. akan cepat merespon dan mencari solusi sehingga keberadaan SIMANTRI semakin terus berkembang. Sudikerta meminta keseriusan dari para petani dalam mengembangkan SIMANTRI dan selalu membuat terobosan baru dalam pertanian dengan dibantu  oleh para pendamping SIMANTRI. Lebih jauh Sudikerta meminta  para petani  membuat 2 denplot percobaan untuk peningkatan produksi pertanian. Yang satu memakai  pupuk organik dan yang satu diberi pupuk kimia sehingga hasilnya dapat dibandingkan guna menjadi rujukan bagi petani lainnya diseluruh Bali. Demikian imbuhnya.

Setelah Kunjungan di SIMANTRI 193 yang dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2011 dan SIMANTRI 376 yang dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2013, Sudikerta mendapati semua berjalan dengan baik, Sapi sudah mulai bertambah, Pupuk, Bio Urine dan Bio Gas  sudah mulai dimanfaatkan oleh petani walaupun masih perlu terus untuk dikembangkan. Pada kesempatan tersebut Sudikerta yang didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali Ir. IB. Wisnu Ardhana, Kepala Biro Umum Drs. I Gusti Ngurah Alit memberikan bantuan dana pembelian alat pemotong rumput dan pengembangan SIMANTRI.  Hadir pula Pendamping SIMANTRI 365 Dewa Dharmayasa dan sekretaris Gapoktan Nyoman Suwita dan anggota kelompok lainnya. (SB-hum)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.