BUPATI CANDRA MERIAHKAN KARNAVAL DENGAN NAIK DOKAR

Standard

Klungkung ( Metrobali.com )-
Dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 67, Kabupaten Klungkung menggelar Pawai Karnaval Budaya yang melibatkan sekolah di Kabupaten Klungkung. Peserta karnaval ini mulai dari anak TK, SD, SMP sampai dengan SMA/K . Tempat kegiatan dilaksanakan di panggung terbuka Lapangan Puputan Klungkung Minggu (12/8) siang kemarin.

Hampir seluruh pejabat Pemda Klungkung hadir dalam Karnaval tersebut. Mulai dari Bupati Klungkung I Wayan Candra, Wabup Klungkung Tjokorda Gede Agung, Ketua DPRD Klungkung A.A Anom, unsur Muspida serta seluruh jajaran SKPD di Pemda. Kabupaten Klungkung. Pawai Karnaval Budaya tersebut di mulai dengan kedatangan Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan Unsur Muspida dengan menaiki Dokar dari Kantor Buapti menuju Lapangan Puputan Klungkung.

Pawai Karnaval Budaya tersebut disambut sangat antusias oleh sebagian besar warga. Hal ini terlihat dari warga memadati jalan dan lapangan Puputan Klungkung. Pawai Karnaval diawali dengan atraksi tari dan lagu dari anak-anak TK dengan membawakan permainan ”Poh-Pohan”. Kemudian dilanjutkan dengan anak-anak SD dengan menampilkan adat dan budaya dalam upacara keagamaan seperti tari-tarian, pakaian adat, kecak dengan pragmen tarinya, dan tarian barong bangkung ngelawang hingga penampilan Drumband anak SD.

Pawai Karnaval dari anak SMP menampilkan tari-tarian sakral, gong baleganjur serta diakhiri dengan penampilan frahmentari. Sedangkan dari SMA/K menampilkan pawai bendera merah putih, pawai gebogan, pawai pakaian adat, menampailkan gong beleganjur dan ditutup dengan frahmentari dengan cerita Ramayana tentang penculikan sinta oleh rahwana.

Sementara Bupati Candra menyampaikan bahwa pawai karnaval ini yang diikuti oleh anak-anak TK, SD, SMP dan SMA/K telah membuktikan memiliki pemahaman tentang kemerdekaan RI ini. Saya berharap kepada generasi muda agar terus berjuang untuk kemerdekaan RI serta terus belajar dan belajar dan menghindari pergaulan yang negative.SUS-MB

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.