Pemilihan Jegeg Bagus Klungkung

Standard

Semarapura , Penitia pemilihan Jegeg Bagus Klungkung Tahun 2012 akhirnya menetapkan Giri Dharidas dan Putu Nanda Pramadya sebagai Jegeg Bagus atau duta wisata Kabupaten Klungkung Tahun 2012. Pemilihan Jegeg Bagus dilaksanakan Sabtu (5/5) lalu di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura. Hadir dalam pemilihan ini Bupati Klungkung, Wayan Candra, Wakil Bupati Tjokorda Gede Agung, Sekda Kabupaten Klungkung, Ketut Janapria, Unsur Muspida serta undangan lainnya. Pemilihan Jegeg Bagus tahun ini telah dimulai sejak bulan Pebruari lalu dengan sosialisasi kesekolah-sekolah. Dari jumlah peserta yang terdaftar selanjutnya ditetapkan menjadi sepuluh besar. Dari sepuluh besar tersebut kembali dipilih tiga besar dan diuji langsung wawasannya oleh Bupati Klungkung Wayan Candra.

Para finalis yang menjadi tiga besar ini diberikan pertanyaan seputar gender atau peranan perempuan dalam pembangunan. Mereka tampak tegang menjawab pertanyaan dihadapan Bupati dan Dewan Juri. Kadisbudpar Klungkung, Wayan Sujana mengatakan, pemilihan Jegeg Bagus ini tiada lain adalah untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk menyalurkan kreativitas mereka. Melalui pemilihan Jegeg Bagus ini dapat dijadikan duta pariwisata dan duta budaya yang memiliki kepedulian tentang ajeg Bali yang berkesinambungan dan ikut membantu menyebarluaskan program pemerintah, khususnya dibidang kepariwisataan.
“Jegeg Bagus yang terpilih nanti diharapkan mampu menjadi duta wisata yang menjaga kelestarian budaya tersebut,”ungkap Wayan Sujana. Sementara, Bupati Klungkung I Wayan Candra dalam sambutannya mengapresiasi positif kegiatan ini. Melalui kegiatan seperti ini generasi muda diharapkan mampu menjauhi hal-hal yang sifatnya negative. Selain itu, kepada Jegeg Bagus yang terpilih, Bupati mengharapkan mampu membawa nama baik Klungkung dan menjadi duta Kabupaten Klungkung ketingkat yang lebih tinggi serta mampu melanjutkan pembangunan di Kabupaten Klungkung kedepannya. “Sebagai generasi muda, kami harapkan bisa melanjutkan dan mengisi pembangunan di Kabupaten Klungkung,”harap Bupati Candra. Sementara itu, dalam grand final ini ditetapkan pasangan Giri Dharidas dan Putu Nanda Pramadya sebagai Jegeg Bagus Klungkung 2012, pasangan Putu Bayu Juliatmika dan Ida Ayu Ketut Laksmi sebagai runner up I dan runner up II dipegang pasangan Ngakan Made Wisnu Suputra dan Putu Mirah P., serta sebagai Jegeg Bagus favorit terpilih pasangan Gusti Ngurah Agung Adi Paramartha dan Ida Ayu Ratih Purnama Adi. (humas klungkung)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.