TANTANGAN KESEHATAN PEMKAB KLUNGKUNG

Standard

Semarapura, fajar wisata,31 Januari 2011

Tantangan Dinas Kesehatan Pemkab Klungkung secara umum yang tergambar pada KUA-PPAS adalah belum meratanya SDM dan prasarana kesehatan di wilayah Pemkab Klungkung. Tantangan kesehatan lainnya adalah rendahnya prilaku hidup bersih pada warga dan masih terdapat gizi buruk dan penyakit menular.

Menanggapi kenyataan ini, komisi C DPRD yang menangani masalah Kesehatan SKPD yang menangani agar berkoordinasi dengan legislatif untuk mengatasi masalah tersebut hal ini dikatakan ketua komisi C DPRD Klungkung. Tjokorda Istri Raka didampingi anggota komisi C lainnya, Nengah Ariyanta, Wayan Misna dan Ketut Suastika. Tjokorda Istri Raka membenarkan kondisi tersebut dan permasalahan kesehatan tersebut dihadapi oleh masyarakat pedesaan. Pelayanan kesehatan harus seimbang antara desa dengan perkotaan, papar Tjokorda Istri Raka.

Pada kesempatan beberapa waktu lalu itu, Wayan Misna, Legislatif asal Nusa Penida mengatakan permasalahan kesehatan tersebut paling dirasakan oleh masyarakat Nusa Penida. Dituturkannya, SDM kesehatan yang bertugas di Nusa Penida memiliki hari kerja seni sampai kamis, sehingga sering disebut pegawai senin kamis, sindir Misna tajam. Bahkan untuk SDM ini dirinya pernah memergoki tenaga kesehatan di Nusa Penida yang tidak masuk kerja setelah hari kamis. Guna menyelesaikan permasalahan SDm ini, Misna sendiri mengusulkan agar pemkab mengusahakan mengangkat tenaga bukan asal Nusa Penida, pegawai tersebut lebih sering mangkir, terutama pegawai ini selalu minta pindah ke Klungkung daratan, papar Wayan Misna. Kondisi tersebut akan mempengaruhi pegawai yang sudah betah disana.

Sedangkan untuk permasalahan sarana medis, untuk di Klungkung sudah hampir merata, baik di klungkung daratan maupun di Nusa Penida, hanya yang belum merata adalah peralatan medis. Nusa Penida yang sudah memiliki 3 puskesmas dan 9 puskesmas pembantu dirsakannya sudah cukup, mungkin peralatannya yang kurang, sehingga disebut prasarana kesehatan yang tidak merata, pangkas Wayan Misna (w-10)

 

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.