HUBUNGAN HUKUM KARMA DENGAN TUHAN

Standard

selama manusia hidup di dunia ini, ia tidak bisa menghindarkan diri dari tindakan atau kerja. berpikir adalah tindakan atau kerja. berjalan, berbuat sesuatu sebagainya adalah suatu tindakan atau kerja. pendek kata hidup adalah suatu tindakan atau kerja. orang tidak dapat menghindarinya, ia tidak bisa lari dari tindakan ini, dan tidak bisa lari dari sifat atau hukum Prakriti yaitu alam, dan benda jasmaniah. hanya mereka yang mengetahui atma yang bisa terbebas dari belenggu hukum alam ini (karmaphala). jika orang ingin bebas dari hukum Prakriti, maka ia harus berusaha bekerja dan bekerja tanpa menghitung-hitung untung dan ruginya. perbuatan semacam ini kitra kenal dengan nama Karma Yoga. Dengan ajaran Karma Yoga orang akan berbuat semata-mata untuk kepentingan Tuhan Nya dalam upaya membebaskan diri dari ikatan duniawi (maya). Karena itu kita hendaknya selalu berbuat dan bekerja sesuai dengan ucapan Bhagavad Gita berikut :

Na Hi Kascihit Kshanam Api
Jatu Tishthaty akarmakrit
karyate hy avasah karma
sarvah prakritifair gunaih

Artinya :

Tidak seorang pun tidak bekerja, walaupun untuk sesaat juga karena dengan tiada berdaya manusia dibuat bertindak oleh hukum alam

Apa yang kita perbuat selalu dicatat dan diamati oleh Ida Sang Hyang Widhi untuk kemudian memberikan hasilnya (phala) yang sesuai dengan bentuk perbuatannya. Wrhaspati Tattwa menguraikan sebagai berikut :

Asing sagarwenya dadi manusa, ya ta mingetaken de bhatara widhi, apan sira pinaka paracaya bhatara ring subhasubha karmaning janma.

Artinya :

Segala yang diperbuat didalam penjelmaan (menjadi) manusia (semua) itulah yang dicatat oleh Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) karena dia sebagai saksi (dari) baik buruk perbuatan (Wrhaspati Tattwa – 22 )

Renungan “ jika berbuat jahat ditempat yang sepi, apakah anda bias bebas dari ikatan Karma Phala?, dan apakah anda bias melupakan apa yang anda perbuat sendiri?. Coba anda renungkan dan cari jawabannya sendiri dengan membaca kitab suci !!!!!!!!!

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.