definisi kelurahan

Standard

Kelurahan merupakan perangkat daerah Kabupaten/Kota yang berkedudukan di wilayah kecamatan. Kelurahan sebagai subsistem Kabupaten/Kota merupakan pelaksana pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang paling dekat bersentuhan dengan rakyat.
Proses pembangunan kelurahan secara umum merupakan pembangunan komprehensif dan partisipatif. Dengan pembentukan lembaga kemasyarakatan kegiatan yang dilaksanakan diupayakan mampu memberdayakan ( empowering ) masyarakat sehingga diharapkan masyarakat Kelurahan Semarapura Klod mampu mengidentifikasi dan menginventaris permasalahan dan kebutuhannya, merencanakan kegiatan untuk mengatasi permasalahan tersebut serta melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dengan efektif dan efisien.
Dengan menitikberatkan pada ‘Pemberdayaan Masyarakat’ Kelurahan akan menjadi unsur pemerintahan yang berperan paling mendasar dalam memfasilitasi kebutuhan – kebutuhan masyarakat, dan sebaliknya menjadi fasilitator program – program pemerintahan yang menjadi jawaban atas kebutuhan – kebutuhan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakatnya.

Kelurahan Semarapura Klod merupakan satu dari enam wilayah Kelurahan yang berada di Kabupaten Klungkung. Kelurahan Semarapura Klod terletak di pusat ibukota Kabupaten Klungkung yaitu Kota Semarapura.
Berdasarkan SK Gubernur Daerah Tingkat I Bali nomor : 197 Tahun 1991 Kelurahan Semarapura Klod ditata menjadi 4 (empat) lingkungan yaitu Lingkungan Galiran, Lingkungan Pekandelan, Lingkungan Kemoning Klod dan Lingkungan Kemoning Kaja.
A.    Kondisi Geografis Kelurahan Semarapura Klod
Kelurahan Semarapura Klod terletak pada pusat kota Semarapura dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
a. Sebelah Selatan    :    Jl. Raya Takmung – Tojan (Desa Satra).
Jl. Kenyeri dan Tukad Cangkung (Desa Tojan)
b. Sebelah Barat    :    Jl. Flamboyan dan Sungai Jinah (Kelurahan Semarapura Kauh dan Desa Takmung).
c. Sebelah Utara    :    Jl. Untung Surapati (Kelurahan Semarapura Tengah)
d. Sebelah Timur    :    Jl. Puputan (Kelurahan Semarapura Klod Kangin)

About goeswid

saya orang klungkung yang selalu ingin mencoba dan mencoba untuk mengisi diri, namun tetap masih ketinggalannnnnnn

Comments are closed.